Thursday, 20 October 2016

// // Leave a Comment

Cara membuat Sub-Domain




Apa itu Sub-domain?
Subdomain adalah domain yang ditambahkan pada domain utama (biasa disebut top-level domain) yang lebih besar. Misalnya begini, jika kamu memakai layanan blog gratis yang memberi kamu ekstensi seperti blogspot.com atau wordpress.com akan membuat alamat blog kamu misalnya menjadi http://namakamu.blogspot.com. Nah, blogspot.com itu sendiri adalah domain. Ketika ‘nama kamu’ berada di depannya, itu artinya dia menjadi bagian atau sub dari domain blogspot.com.

Untuk membuat sebuah Sub-domain kita tidak perlu membeli domain kembali atau membeli hosting kembali. cukup melakukan konfigurasi di cpanel hosting anda. syarat membuat sub domain ini kita harus memiliki domain dan hosting cpanel aktif.

Membuat sub-domain menggunakan cPanel Anda. Berikut adalah tutorialnya
1. Login cPanel Anda
    cPanel home => Domain => Subdomain
2. Masukkan alamat subdomain yang Anda inginkan. Anda juga dapat memilih domain utama mana yang Anda gunakan apabila memiliki lebih dari satu domain pada akun Anda.

  
 3. Masukkan path direktori tempat penyimpanan file subdomain Anda pada kolom isian Document Root berikut ini. Klik tombol Create untuk melanjutkan.

 4. Selesai! Notifikasi ini akan Anda terima apabila sub-domain telah berhasil dibuat. Klik Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.
5. Sub-domain yang baru saja Anda buat dapat Anda lihat pada daftar berikut ini. Klik teks berwarna biru pada kolom Document Root untuk mengakses File Manager. Di File Manager inilah Anda dapat mengatur file yang ada pada sub-domain Anda.
 
Selamat Mencoba semoga berhasil...




0 comments:

Post a Comment